Suka Duka Kreator Muda di Dunia Kreatif Selama Pandemi
Surabaya
(15/09/2022) - Sejak Maret 2020, banyak kalangan terdampak pandemi di berbagai
aspek kehidupan, dari yang muda hingga tua. Hampir semua aktivitas masyarakat
menjadi terbatas. Dari hal ini, aktivitas sehari-hari masyarakat dengan cepat
bertransformasi menjadi aktivitas secara daring. Salah satu contohnya yaitu
banyak anak muda di saat pandemi yang gemar mengisi waktu luang mereka dengan
membuat konten kreatif dari rumah dan mengunggahnya di akun instagram pribadi.
Konten
kreatif yang dibuat berisikan banyak hal, dari hiburan, menginspirasi orang
lain, ajakan untuk melakukan sesuatu, hingga edukasi kepada para audience
terhadap hal baru. Dan menurut survey, kebanyakan pengguna sosial media
khususnya instagram di dominasi oleh kalangan muda.
"Aku
mulai aktif ngonten di Instagram tuh dari sekitar bulan Juli 2021. Jadi kurang
lebih udah setahun." Kata @imelldyanita atau biasa dipanggil Imel,
salah satu content creator di Instagram. Dan ia melanjutkan bahwa semasa
pandemi, membuat konten kreatif di samping kegiatan sekolah daring jauh lebih
efektif daripada saat sekolah secara luring. Karena saat sekolah sudah
kembali luring, ia disibukkan oleh
kegiatan ekstrakurikuler, kerja kelompok, dan bimbel. Ia juga menambahkan bahwa
hal susah yang dialami selama membuat konten kreatif pada saat pandemi yaitu
terbatasnya aktivitas outdoor untuk mencari bahan postingan instagram.
Namun, hal tersebut tidak menjadi penghalang. Ia bisa memanfaatkan keadaan sekitar,
yaitu dengan mencari bahan postingan di sekitar rumahnya dan bahkan di dalam
rumah. Alhasil, pembuatan konten kreatif dapat berjalan lancar, bahkan
algoritma instagram @imelldyanita jadi meningkat drastis. Mengingat
adanya fitur baru instagram "reel" yang sangat membantu para content
creator untuk lebih semangat dalam memposting konten kreatifnya.
Selain
@imelldyanita, kreator lain dengan akun instagram @muhdandryt
atau biasa dipanggil Dandy, mengatakan bahwa ia mulai menjadi kreator di
instagram sejak satu tahun yang lalu. Namun, ia menjadi lebih aktif membuat
konten kreatif baru-baru ini. Hasil dari kontennya yang selalu ramai di
instagram selama pandemi, membuat @muhdandryt mendapat pekerjaan
sampingan yang baru sebagai freelance photographer serta spesialis media
sosial sebuah perusahaan. Ia menambahkan bahwa menjadi content creator
juga terdapat rintangannya. "Dukanya jadi content creator ditambah
nyambi jadi freelancer yang aku alami ya ketika bertemu dengan klien
yang detail, perfeksionis dan idealis. Salah sedikit aja harus di
revisi.", tambahnya saat diwawancara.
Terdapat
juga kreator lain di instagram dengan nama akun @jabalaswar__ atau biasa
dipanggil Jabal. Sudah sejak 2021 ia menjadi kreator dunia kreatif di
instagram. "Justru karena pandemi gw jadi punya inisiatif untuk belajar
hal-hal yang belum pernah gw lakuin seperti menjadikan instagram jadi tempat
mengekspresikan sesuatu lewat visual. Dan karena pandemi, orang-orang lebih
aktif di sosial media, jadi gw rasa memang itu waktu yang tepat jadiin
instagram sebagai salah satu tempat berpenghasilan lewat konten.", jawab
Jabal sebagai kreator sekaligus freelancer di dunia kreatif.
Banyak
keuntungan yang didapatkan oleh content creators dari memposting konten
kreatif. Konten yang membuat rasa ketertarikan audience meningkat, juga
akan berdampak pada meningkatnya insight (informasi tentang followers
kreator dan konten yang paling mereka minati) serta jumlah followers
kreatornya. Dengan meningkatnya insight, akan meningkatkan semangat kreator
untuk berkreasi di tengah pandemi.
Selain
itu, para kreator juga akan mendapat endorse dari beberapa brand. Dan di saat
pandemi, maraknya e-commerce yang bermunculan dan membutuhkan promosi.
Promosi ini dilakukan salah satunya dengan mengajak kolaborasi para kreator
tersebut melalui endorsment.
Keuntungan
lainnya yaitu dapat menambah relasi antar kreator. Ruang lingkup pertemanan
yang awalnya hanya di satu kota tempat tinggal, ditingkatkan jangkauan
pertemanannya hingga ke kota-kota lain.
Nama : Joean Abiyozza
Nim : 22041184126
Comments
Post a Comment